Tips dalam memilih VGA Card untuk PC Gaming dan Editing

Apa itu VGA didalam sebuah komputer? VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array, yang fungsinya adalah untuk menampilkan output visual dari keluaran CPU.

Fungsi VGA Card didalam sebuah pc / komputer gaming dan juga komputer editing memang mempunyai peran yang sangat penting didalam sebuah kinerja komputer tersebut.

Maka dari itu, memilih sebuah vga card yang sesuai kebutuhan memang diperlukan agar nantinya tidak ada istilah “buang-buang duit” dikarenakan vga card yang terlalu overkill terhadap aplikasi atau game yang sedang ingin kita jalankan.

Jika Anda sangat sering mengedit foto ataupun merender sebuah video, maka vga card yang Anda pakai sangat mempengaruhi kualitas dari editan Anda tadi, tentu hal tersebut juga didukung oleh spesifikasi komputer yang Anda pakai.

Terlebih jika Anda sangat suka bermain game, tentu vga card sudah menjadi hal yang diprioritaskan disaat Anda ingin merakit sebuah komputer gaming.


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips didalam memilih VGA Card, yang nantinya akan digunakan untuk keperluan Gaming dan Editing didalam komputer.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih vga card adalah sebagai berikut:

Tips memilih VGA Card untuk Gaming & Editing

1. GPU (Graphics Processing Unit)


Apa itu GPU?

Didalam sebuah VGA Card juga terdapat processor, sama halnya dengan sebuah processor atau CPU pada sebuah komputer.

Maka dari itu sebuah VGA Card dilengkapi dengan Fan dan Heatsink yang berfungsi untuk menurunkan suhu atau mendinginkan sebuah GPU pada Vga Card tersebut.

Jadi, memilih GPU di vga card merupakan faktor utama yang sangat penting untuk kinerja vga didalam sebuah komputer.

2. Core Speed


Apa itu Core Speed?

Core Speed adalah satuan kecepatan didalam sebuah VGA Card yang menggunakan satuan MHz. Core speed ini berasal dari sebuah GPU yang sudah saya jelaskan di atas.

Didalam core speed, ada yang disebut dengan Turbo Speed, yakni sebuah fitur yang ada didalam vga card yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kinerja vga card tersebut.

Semakin besar Core Speed nya tentu akan semakin baik kinerja dari vga card tersebut.

3. Kapasitas Memory


Kapasitas memory didalam vga card mungkin adalah faktor pertama ketika kita ingin membeli sebuah vga card di toko komputer. Ketika kita melihat kapasitas yang besar mungkin disaat itulah kita langsung ngiler dan akhirnya vga card tersebut langsung kita beli dan kita colokkan ke komputer dirumah. Hehe

Tidak ada yang salah jika kita mempunyai persepsi bahwa kapasitas memory yang besar tentu mempunyai kinerja yang bagus, hal ini memang benar.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah untuk apa kapasitas yang besar jika nantinya hanya digunakan untuk mengedit atau bermain game seadanya? Tentu hal ini akan “buang-buang duit” saja bukan?

Jadi, sesuaikan kapasitas yang ingin kita gunakan dengan kebutuhan pastinya.

4. Tipe Memory


Tipe memory didalam vga card mempunyai sedikit kemiripan dengan tipe memory pada sebuah RAM. Jika didalam RAM terdapat DDR1, DDR2, DDR3, DDR4, maka didalam sebuah Vga card pun memiliki beberapa tipe tersebut diantaranya GDDR2, GDDR3, GDDR5.

Saya sangat menyarankan Anda untuk memilih tipe memory yang sudah memakai GDDR5. Mengapa demikian? Karena kecepatan proses dari vga yang sudah mengusung memori jenis GDDR5 akan lebih kencang jika kita bandingkan dengan jenis memori GDDR3.

Jika kita dihadapkan dengan sebuah vga card 2GB GDDR3 dan 1GB GDDR5, kita bisa pilih yang 1GB GDDR5. Hal tersebut akan lebih baik kinerjanya dari pada kapasitas memory yang besar namun memiliki tipe memory yang bisa kita bilang “jadul” di zaman sekarang ini. Haha

Jalur data (bit) juga akan mempengaruhi kinerja dari kapasitas memory dan tipe memory diatas, untuk itu simak penjelasan dibawah dengan baik. :p

5. Jalur Data (bit)

Jalur Data atau yang disebut Bit didalam VGA Card adalah jalur dari proses VGA > Processor > Monitor. Contoh jalur data ini bisa kita lihat dari sebuah vga card contohnya vga card 2GB GDDR5 128 bit, atau 4GB GDDR5 256 bit, nah bit tersebut merupakan jalur data di sebuah vga card.

Semakin besar bit nya maka akan semakin lancar juga processing nya. Ini bisa mencegah Stuck disaat sedang bermain game, ataupun disaat mengedit foto atau merender video.

6. Direct X


Direct X atau Direct 3D ialah kumpulan API yang berfungsi menjalankan perintah di sebuah pemrograman multimedia didalam komputer, khususnya didalam sebuah game. Contohnya: DirectX 9, DirectX 10, DirectX 11, dan yang terbaru adalah DirectX 12.

Biasanya, game zaman now sudah mengharuskan vga mengusung DirectX 12. Jika vga card kita masih DirectX 9, maka jangan heran jika kita menemukan patah-patah didalam game tersebut meski kapasitas memory vga kita besar.

Maka untuk itu, DirectX juga harus dipertimbangkan dalam memilih sebuah vga card yang nantinya ingin kita pasang di komputer kesayangan kita.

7. Penyesuaian Watt

Biasanya, VGA yang mempunyai kapasitas memory  lebih dari 2GB akan mempunyai Pin Power tambahan. VGA yang mempunyai watt lebih besar dari PSU yang kita pakai tentunya tidak akan bisa bekerja.

Tidak akan bisa bekerja disini maksudnya ketika kita hendak menyalakan komputer tetapi komputer tersebut hanya menampilkan sebuah tulisan No Signal, maka salah satu sebabnya bisa jadi dari PSU yang kurang kuat untuk mengangkat sebuah VGA Card.

Maka untuk itu penyesuaian watt dari sebuah VGA Card terhadap PSU sangat penting kita ketahui. Sesuaikanlah watt VGA untuk tidak melebihi kapasitas dari PSU yang kita pakai, agar nantinya VGA tersebut bisa bekerja sebagai mana mestinya.

8. Port VGA


Port VGA adalah connector disebuah VGA yang nantinya akan dihubungkan ke monitor. Contohnya: Port HDMI, Port VGA, Port D-Sub, dan Port DVI.

Yang paling umum digunakan adalah Port VGA. Namun, saat ini sudah banyak VGA Card yang membuang Port VGA tersebut dan mengharuskan kita untuk memakai Port HDMI.

Kenapa Port HDMI? Karena monitor jaman sekarang kebanyakan sudah menghilangkan Port VGA dan menggantinya dengan Port HDMI.

Jika kita mempunyai monitor dengan port HDMI namun VGA kita masih menggunakan Port VGA tidak usah kuatir, karena kita menggunakan sebuah Converter VGA to HDMI untuk menghubungkannya.

9. Jenis PCIe (PCI Express)


Jenis PCIe adalah jenis socket yang ada disebuah motherboard. Contoh: PCIe 1.0, PCIe 2.0, dan PCIe 3.0 dengan kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, dan 16x.

Usahakan untuk memilih motherboard yang sudah mendukung PCIe 3.0 16x, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap VGA Card yang nantinya akan di colok ke motherboard tersebut.

Dan usahakan untuk memilih motherboard yang sudah memakai PCIe versi 3.0, karena hal ini sangat baik untuk masa depan komputer kita, karena versi 3.0 mempunyai kecepatan diatas 2.0 yang mana hal ini sangat berpengaruh ketika kita memainkan sebuah game berat maupun ringan.

10. SLI (NVidia) dan Crossfire (AMD Radeon)


Jika Anda sebuah Editor atau Gamer yang bisa dikatakan bukan “kelas teri”, mungkin SLI & Crossfire sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga Anda, dan mungkin Anda juga sudah memakai fitur ini dirumah.

SLI & Crossfire umumnya digunakan untuk sebuah kebutuhan editing atau gaming berat. Jangan sampai salah dalam membeli sebuah motherboard, pilihlah motherboard yang sudah mendukung SLI & Crossfire.

Ada motherboard yang hanya support untuk menggunakan salah satunya saja, contohnya ASRock H97 Fatality, motherboard ini hanya support untuk Crossfire. Tetapi jika kita hanya menggunakan satu buah VGA Card dari NVidia maka hal ini masih bisa kita jalankan.

Jadi, baca terlebih dulu spesifikasi motherboard seperti apa yang ingin kita beli, dan VGA Card seperti apa yang ingin kita pasang ke motherboard tersebut.


Diatas tadi adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai acuan jika Anda ingin membeli sebuah VGA Card. Jika ada yang kurang dari tips-tips diatas silahkan teman-teman sampaikan dikolom komentar.



3:44 PM

0 komentar:

Post a Comment