Pengertian dan Sejarah Komputer lengkap dari Generasi ke Generasi

Pengertian Dan Sejarah Komputer. Komputer? siapa yang tidak tahu dengan alat yang satu ini, dengan berbagai macam fungsi yang dimilikinya, hampir semua pekerjaan manusia dibuat ringan dengan keberadaannya. Banyak dari kita yang belum mengetahui tentang sejarah komputer itu sendiri. Lalu apa sebenarnya definisi atau pengertian dari komputer ? Bagaimana sejarah komputer pertama kali ditemukan, lalu sejarah komputer dan perkembangannya hingga saat ini ? berikut ini adalah artikel sejarah komputer singkat yang dapat saya jelaskan pada kesempatan kali ini.

Pengertian Komputer 

Pengertian Komputer adalah seperangkat alat elektronika yang digunakan untuk mengolah data yang dapat mengerjakan perintah dengan urutan program tertentu. Nama komputer itu sendiri berasal dari kata Compute, yaitu sebuah kata dalam bahasa inggris yang berarti menghitung dan kata komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare yang berarti hitung atau menghitung.

Didalam blog ini terdapat bagian yang membahas tentang Sejarah Komputer, dan artikel ini akan membahas secara singkat tentang sejarah komputer dan perkembangnnya, sejarah teknologi yang telah membawa kita pada zaman dimana komputer modern telah berhasil dibuat. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menghargai betapa cepatnya teknologi ini berkembang, dan orang yang telah membawa kita sampai ke titik ini.

Banyak penemuan telah berhasil dibuat dan berkembang menjadi bentuk yang lebih modern. Selama berabad-abad dengan banyak orang dan kelompok yang masing-masing telah berhasil membuat kontribusi yang sangat penting bagi perkembangan komputer, mulai dari abad 3000 SM dengan Sempoa dari Cina yang mana hal ini terkait dengan sejarah komputer yang akan kita bahas.

Sejarah Komputer

Sempoa adalah salah satu mesin pertama yang pernah diciptakan manusia untuk digunakan sebagai alat menghitung cepat. Pada tahun 1642 sempoa berubah menjadi sebuah mesin, alat mekanik pertama yang dibangun oleh mathematician dan ilmuwan Blaise Pascal. Kalkulator mekanis pertama ini disebut juga dengan Pascaline, di mana kita bisa melihat tanda-tanda pertama technophobia yang muncul dengan para matematikawan yang takut akan kehilangan pekerjaan mereka karena kemajuan teknologi di tahun 1600-an hingga awal 1700-an. Maju ke tahun 1800-an kita akan bertemu dengan Charles Babbage.

Babbage dikenal sebagai bapak komputer dengan desain mesin perhitungan mekaniknya pada tahun 1820, sebuah informasi dari Babbage adalah bahwa banyak perhitungan terdiri dari operasi yang secara teratur diulang dan mempunyai teori bahwa operasi ini dapat dilakukan. Ini menyebabkan desain mesin pertamanya itu akan memiliki perbedaan instruksi dan tetap mengatur sepenuhnya secara otomatis melalui penggunaan tenaga uap dan mencetak hasilnya ke dalam tabel.

Dan pada tahun 1830, Babbage berhenti bekerja di Difference Engine untuk mengejar ide keduanya yaitu mesin analitik, perbedaan mesin ini yaitu mampu mengeksekusi operasi dalam pesanan non-numerik melalui penambahan memori kontrol dan membaca instruksi, ini menjadikannya komputer mekanis yang dapat diprogram, sayangnya karena kurangnya pendanaan desainnya tidak pernah terwujud.

Adalah de Lovelace yang bekerja sama sangat erat dengan Babbage dia dianggap sebagai programmer pertama di dunia dan muncul dengan algoritma yang akan menghitung angka Bernoulli dan dirancang untuk bekerja dengan mesin Babbage, dia juga menguraikan banyak dasar-dasar pemrograman seperti data analisis perulangan dan pengalamatan memori.

10 tahun sebelum pergantian abad dengan inspirasi dari penemu Babbage dari Amerika yaitu Herman Hollerith berhasil merancang salah satu mesin elektromekanik pertama yang sukses disebut sebagai tabulator sensus, mesin ini akan membacakan kita data sensus. Dan penghitungan hasil tabulator Hollerith menjadi sangat sukses, lalu setelah itu ia ingin membuat perusahaan sendiri untuk memasarkan produknya, perusahaan ini yang akhirnya menjadi IBM.

Ada beberapa generasi didalam sejarah terciptanya sebuah komputer, didalam artikel ini saya akan membaginya kedalam 5 generasi.

Generasi Pertama 

Sejarah Komputer

Sejarah komputer generasi pertama adalah saat terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat didalam perang tersebut berusaha untuk mengeksplor potensi strategis yang dimiliki oleh suatu komputer. Pada tahun 1936 Alan Turing mengusulkan konsep mesin universal yang nantinya akan dijuluki mesin Turing yang mampu mengkomputer apa pun yang dapat komputer kerjakan, hingga saat ini mesin ini tidak hanya mampu melakukan tugas-tugas tertentu ke dalam hardware komputer.

Konsep dari komputer modern ini sebagian besar didasarkan dari ide-ide yang dimulai pada tahun 1936, adalah insinyur dari Jerman yaitu Konrad Zuse menemukan komputer pertama didunia yang dapat diprogram. Perangkat ini mampu membaca instruksi dari pita yang berlubang dan merupakan komputer pertama yang menggunakan logika dan biner. Zuse juga merilis komputer komersial pertama di dunia, alasan-alasan ini yang banyak menganggap bahwa Zuse adalah penemu komputer modern.

Pada tahun 1937, Howard H. Aiken (1900-1973) seorang insinyur dari Harvard yang bekerja sama dengan IBM berhasil membuat kalkulator elektronik dari Harvard untuk US Navy yang dapat diprogram dan terinspirasi oleh mesin analitis Babbage. Mesin ini terdiri dari hampir 1 juta komponen yang memiliki panjang kabel lebih dari 500 mil dan beratnya hampir mencapai 5 ton.

Mesin ini mempunyai 1 tanda yang memiliki 60 set, 24 switch untuk entri data manual dan bisa menyimpan 72 angka setiap 23 digit desimal, hal yang bisa dilakukan dari mesin ini yaitu penambahan atau pengurangan dalam 1 detik, perkalian memakan waktu 6 detik, pembagian memakan waktu 15,3 detik dan logaritma atau fungsi trigonometri membutuhkan waktu sekitar 1 menit.

Sebagai catatan, sisi yang lucu dari salah satu programer utama dari Mark 1 yaitu Grace Hopper menemukan bug komputer pertama yang bisa memblokir salah satu sisi pembacaan. Teknologi komputer modern pertama yang sepenuhnya digital dan tidak membutuhkan relay seperti apa yang digunakan di komputer sebelumnya, hal ini membuatnya lebih cepat dan lebih dapat diandalkan, teknologi ini dimulai dari tahun 1937 dan menyelesaikannya pada tahun 1942.

Komputer digital pertama dibangun oleh John Atanasoff, seorang mahasiswa pascasarjananya dari Clifford Berry. Komputer itu dijuluki ABC, tidak seperti komputer yang dibangun sebelumnya seperti apa yang dibangun oleh Zuse. ABC ini murni digital, komputer ini menggunakan tabung vakum, termasuk matematika biner dan logika boolean yang dapat memecahkan hingga 29 persamaan pada suatu waktu.

Pada tahun 1943 Colossus dibangun, bekerja sama dengan Alan Turing untuk membantu dalam memecahkan kode crypto. Jerman tidak dipusingkan oleh mesin Turing yang benar-benar dapat memecahkan Enigma komputer atau kode rahasia yang digunakan Jerman yang sepenuhnya digital tapi tidak seperti ABC yang sepenuhnya dapat diprogram, yang mana hal ini membuatnya menjadi komputer digital pertama yang dapat diprogram.

Pada tahun 1946, Electronic Numerical Integrator and Computer atau disingkat ENIAC selesai dibuat, ENIAC dibuat berdasarkan kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania, yang terdiri dari hampir 18 ribu tabung vakum yang cukup besar, 70 ribu resistor, dan 5 juta titik solder. ENIAC sendiri berukuran sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John W. Mauchly (1907-1980) dan John Presper Eckert (1919-1995), program dari komputer itu dilansir mampu mengoperasikan lebih dari 1.000 instruksi per detik dan bekerja 1.000 kali lebih cepat dibanding komputer Mark I.

Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim dari University of Pennsylvania dalam usahanya untuk membangun konsep dari desain komputer yang nantinya hingga 40 tahun mendatang masih dapat dipakai. Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer atau disebut juga dengan EDVAC pada tahun 1945 dengan sebuah memory untuk menampung program maupun data.

Teknik seperti ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama dari arsitektur yang dibuat oleh Von Neumann adalah unit pemrosesan yang terpusat, hal ini memungkinkan seluruh fungsi dari komputer dapat dikoordinasikan melalui satu sumber.

Dan pada tahun 1951, adalah Remington Rand pembuat Universal Automatic Computer I atau disingkat UNIVAC I menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model dari arsitektur Von Neumann. Komputer Generasi Pertama dapat dikarakteristikkan atau memiliki ciri bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik dan hanya digunakan pada suatu tugas tertentu saja. Ciri lain dari Komputer Generasi Pertama ialah penggunakan tabung vakum dimana tabung vakum ini membuat komputer pada masa itu berukuran sangat besar dan penggunaan silinder magnetik untuk media penyimpanan datanya.

Generasi Kedua

Sejarah Komputer


Sejarah komputer generasi kedua adalah disaat penemuan transistor pada tahun 1948 yang sangat mempengaruhi perkembangan Komputer dan Teknologi. Itu dikarenakan transistor berhasil menggantikan tabung vakum di radio, televisi, dan komputer pada umumnya. Sebagai dampak dari penggunaan transistor ini ialah ukuran dari mesin-mesin elektronik berkurang sangat signifikan.


Pada tahun 1956 transistor mulai digunakan dalam komputer. Lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi merupakan penemuan lain yang berupa pengembangan dari memori inti silinder magnetik. Mesin pertama yang menggunakan teknologi baru ini ialah Super Komputer. Perusahaan besar IBM membuat super komputer bernama Stretch, dan Sprery Rand membuat komputer yang dinamakan LARC. Laboratorium energi atom lah yang mengembangkan komputer-komputer ini, komputer ini dapat mengangani sejumlah besar data, dan kemampuan yang dibutuhkan oleh para peniliti atom.

Lanjut ke awal tahun 1960-an, kesuksesan komputer generasi kedua mulai banyak bermunculan dibidang bisnis, universitas, dan didalam lingkup pemerintahan. Komputer generasi kedua ini sudah sepenuhnya menggunakan transistor. Komputer pada generasi ini juga sudah dapat diintegrasikan dengan hardware komputer pada saat ini. Contohnya: printer, disket, sistem operasi, memory, dan berbagai macam program.

Program yang tersimpan dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada didalamnya itu memberikan efek fleksibilitas terhadapnya. Fleksibilitas inilah yang meningkatkan kinerja dan harga yang pantas untuk digunakan disektor bisnis. Dengan konsep tersebut, komputer ini dapat mencetak faktur pembelian konsumen, desain produk, dan menghitung daftar gaji karyawan.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu, salah satunya ialah Bahasa Pemrograman Common Bussiness Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN). Bahasa pemrograman inilah yang menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata, kalimat, dan rumus matematika yang lebih mudah untuk dipahami. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan sesorang untuk mengatur atau memprogram komputernya.

Generasi Ketiga

Sejarah Komputer

Walaupun teknologi transistor ini dalam banyak hal dapat mengungguli tabung vakum, namun transistor juga memiliki kelemahan yaitu ia dapat menghasilkan panas yang cukup besar, hal ini dapat berpotensi merusak komponen-komponen didalam komputer. Quartz Rock atau disebut juga dengan Batu kuarsa dapat menghilangkan masalah ini.

Pada tahun 1958 seorang insinyur dari Texas Instrument bernama Jack Kilby berhasil mengembangkan sirkuit yang terintegrasi atau disebut juga dengan IC (Integrated Circuit). IC ini dibuat berdasarkan kombinasi antara 3 komponen elektronik kedalam sebuah piringan silikon berukuran kecil yang dibuat dari pasir kuarsa.

Kemajuan teknologi komputer generasi ketiga lainnya ialah sudah dapat menggunakan Sistem Operasi atau OS (Operating System), hal ini memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai macam program secara bersama-sama dengan sebuah program utama yang mengkoordinasi memory didalam komputer tersebut.

Generasi Keempat 

Sejarah Komputer

Setelah IC berhasil dibuat, tujuan dari pengembangan teknologi ini menjadi lebih jelas, salah satunya adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan beberapa komponen elektronik lainnya. Large Scale Integration (LSI) mempunyai fitur yang salah satunya adalah dapat memuat ratusan komponen kedalam sebuah chip. Maju ke tahun 1980an, Very Large Scale Integration (VLSI) dibuat, ia dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen dalam sebuah chipnya. Selanjutnya, Ultra Large Scale Integration (ULSI) pun berhasil dibuat, ia dapat memuat ratusan ribu hingga jutaan komponen dalam sebuah chipnya.

Chip Intel 4004 yang dibuat ditahun 1971 membawa kemajuan disektor IC dengan meletakkan seluruh komponen yang ada disebuah komputer (cpu, memory, dan perangkat input/output) kedalam sebuah chip yang berukuran sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat hanya untuk mengerjakan suatu tugas tertentu saja, tapi sekarang sebuah mikro prosesor dapat diproduksi yang kemudian diprogram untuk dapat memenuhi kebutuhan apapun yang kita inginkan.

Tak lama setelah itu, setiap elektronik yang ada dirumah seperti televisi, oven, microwave, mobil yang menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dilengkapi dengan mikro prosessor. Perkembangan Komputer dan Teknologi yang sedemikian rupa memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer dirumah, komputer sudah tidak lagi menjadi dominasi dari perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintahan.

Dipertengahan tahun 1970-an, seorang perakit komputer menawarkan komputer-komputer mereka ke masyarakat umum, komputer inilah yang disebut dengan Mini Komputer, dijual lengkap dengan perangkat lunak yang mudah untuk digunakan oleh masyarakat umum. Perangkat lunak yang populer pada saat itu adalah program Spreadsheet dan Word Processing. Maju lagi ketahun 1981, IBM mulai memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk keperluan rumahan, kantor, dan sekolah-sekolah.

Jumlah PC yang digunakan melonjak dari yang tadinya hanya 2 juta unit menjadi 5,5 juta unit ditahun 1982. Sepuluh tahun kemudian penggunaan dari sebuah komputer ini melonjak sangat drastis ke angka 65 juta unit. Hingga saat ini kita mengenal perjalanan IBM dengan beberapa CPUnya, contoh: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, dan Pentium IV (seri CPU buatan Intel), dan juga produk dari AMD yakni AMD K6, Athlon, dsb. Ini semua termasuk kedalam komputer generasi keempat.

Generasi Kelima 

Jika kita mendefinisikan komputer generasi kelima ini akan menjadi cukup sulit, ini dikarenakan tahap ini masih tergolong sangat muda dan masih dalam tahap perencanaan. Contoh dari komputer generasi kelima ini ialah komputer fiksi HAL9000 dari novel yang dibuat oleh Arthur C. Clarke pada tahun 2001 yang berjudul Space Odyssey. Halaman tersebut memperlihatkan kepada kita seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima ini.

Banyak kemajuan dibidang Komputer dan Teknologi yang sangat memungkinkan untuk dapat membuat komputer generasi kelima. Ada dua kemajuan dari rekayasa ini, terutama kemampuan pemrosesan secara pararel, hal ini akan menggantikan model non Neumann, model non Neumann nantinya akan digantikan dengan sistem yang dapat mengkoordinasikan banyak CPU untuk dapat bekerja secara bersama-sama.

Kemajuan lainnya adalah munculnya teknologi Super Konduktor, hal ini memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang mana efek dari Super Konduktor ini dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang merupakan salah satu negara yang sedang gencar untuk menciptakan komputer generasi kelima ini.

Jepang membuat lembaga khusus bernama ICOT (Institute For New Computer Technology) yang didirikan untuk mewujudkan ide-ide untuk komputer generasi kelima ini. Untuk komputer generasi kelima ini, kedepannya diharapkan akan mampu untuk melakukan interaksi dengan manusia, interaksi yang dimaksud di sini adalah berkomunikasi dengan manusia dan mampu menerima masukan visual dari manusia dan dapat belajar dari pengalamannya. 

Mungkin gambaran dari komputer generasi kelima dapat kita lihat di film Ironman, Transformers atau film-film fiksi lainnya yang memperlihatkan suatu sistem komputer yang sangat canggih.

Demikianlah sedikit perjalanan panjang dari sebuah Komputer dan Teknologi diciptakan, yang dulunya sebuah komputer hanya dapat menyelesaikan satu buah tugas saja, tetapi kini komputer mempunyai banyak sekali fungsi yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dahulu sebuah komputer berukuran sangat besar yang ukurannya mencapai setengah dari lapangan sepak bola, tetapi kini komputer sudah berubah ukuran menjadi lebih kecil, dan bahkan sudah bisa kita bawa kemana mana bukan? 








2:38 PM

0 komentar:

Post a Comment