Tips Memilih Processor Terbaik untuk Komputer Gaming

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang Tips Memilih Processor atau CPU untuk PC / Komputer Gaming. Jika  Anda ingin memainkan game keluaran terbaru, tentu Anda harus memikirkan processor apa yang harus digunakan. Processor didalam komputer gaming akan banyak sekali pengaruhnya terhadap pengalaman Anda dalam bermain game itu sendiri.

Banyak dari kita tentu sudah tahu bahwa PES 2018 memiliki minimal system requirement diatas PES 2017, jika PES 2017 masih bisa dimainkan dengan menggunakan processor Core 2 Quad (LGA 775), tetapi beda dengan PES 2018, processor dengan tipe LGA 775 tertinggi pun rasanya akan mustahil untuk memainkan PES 2018 ini, sudah banyak ditemui kasus tentang processor bertipe LGA 775 ini tidak bisa untuk menjalankan PES 2018.

Di zaman  modern seperti sekarang ini, sudah banyak sekali processor yang dibuat oleh Intel atau AMD yang bisa Anda pakai untuk komputer Anda, hal ini akan membuat Anda semakin bingung untuk memilihnya. Untuk memilih processor itu sendiri, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah jenis processor Anda harus kompatibel dengan jenis soket processor yang dipakai dimotherboard Anda.

tips memilih processor komputer terbaik untuk game editing rendering
Prosessor yang akan Anda pilih harus sesuai dengan tipe motherboard, ini karena tidak semua tipe prosessor dapat berjalan di semua jenis motherboard. Jadi, memang Anda harus sedikit lebih teliti ketika ingin memilih processor untuk gaming.

Lalu hal apa saja yang perlu dipertimbangkan ketika ingin memilih processor komputer gaming ? Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih processor terbaik untuk komputer gaming.

Merek Processor

Dipasaran ada dua merek processor terkenal yang bisa Anda pilih yaitu Intel dan AMD. Dua perusahaan besar dan merek ini memang sudah sejak lama mendominasi pasar processor yang ada di dunia dan prosessor keluaran mereka memang memiliki kualitas yang sudah tidak diragukan lagi. Namun, sekarang Anda hanya harus memilih satu diantara keduanya. Kedua perusahaan tersebut membuat berbagai jenis processor yang dijual ke pasaran dengan harga yang variatif.

Misalnya saja, Intel mengeluarkan beberapa jenis processor diantaranya Core2 Duo, Core 2 Quad, Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, dll. Sebagai tandingannya AMD mengeluarkan processor seri Phenom, seri FX, seri A, Ryzen, dll. Untuk memilih jenis processor apa yang akan digunakan nantinya, Anda dapat mempertimbangkan dana yang Anda miliki.

Pada umumnya, processor keluaran AMD dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan prosessor keluaran Intel di kelas yang sama. Jika dana yang Anda miliki tidak begitu banyak, Anda bisa memilih produk processor keluaran AMD. Tetapi, jika Anda memiliki dana yang cukup maka Anda bisa memilih produk keluaran Intel, tentu Anda sudah harus mempertimbangkan Price to Performance nya terlebih dahulu.

Kinerja Processor

Baik AMD ataupun Intel memang memiliki kinerja processor yang dapat dibilang baik. Namun, kebanyakan processor keluaran Intel memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan processor keluaran AMD. Anda bisa memilih processor Intel Core i5 atau i7, tetapi Anda jangan sekali-kali memilih i5 keluaran pertama, hal itu karena i5 keluaran pertama performanya akan kalah dengan
Core 2 Quad yang mana core 2 quad adalah processor dengan tipe LGA 775.

Dibandingkan i5, tentu i7 akan memilki kinerja yang lebih baik. Tetapi hal ini berbanding lurus dengan harganya, harga yang dimiliki oleh processor i7 tentunya akan lebih mahal dibanding processor core i5 di seri atau kelas yang sama.

Inti Processor (Core)

Inti Processor atau yang lebih di kenal dengan Core merupakan otak disebuah processor, semakin banyak jumlah core nya maka akan semakin bagus. Contohnya dual core yang artinya processor tersebut memiliki dua buah inti processor, dan quad core adalah processor yang memiliki 4 buah inti processor.

Jika Anda adalah salah satu pengguna Chipset LGA 775 saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan Processor yang memiliki kasta tertinggi pada socket ini yaitu Core 2 Quad, dimana core 2 quad adalah processor yang memiliki 4 Core. Namun, untuk LGA 1150, 1155, 1151 saya sangat menyarankan Anda untuk memakai processor diatas core i3.

Jika saat ini anda menggunakan produk dari AMD, contohnya AM3 maka gunakanlah processor  Vishera FX series  atau Phenom Black.  Untuk melihat kecepatan dari sebuah processor maka lihatlah berapakah jumlah Corenya.

Contoh Core i3 yang memiliki Dual Core, Core i5 dengan Quad Core dan Core i7 Quad core tetapi ada juga yang memiliki 6 core. Procesor AMD Phenom Black X4 dengan Quad Core, Vishera FX Quad Core dengan 6 core sampai 8 Core nya. Processor keluaran Intel dan AMD yang terbaru saat ini sudah memiliki 8 buah core.

Overclocking

Pengertian Overclocking adalah meningkatkan kecepatan standar dari sebuah processor. Misalnya, kecepatan standarnya adalah 3,8 GHz, mampu ditingkatkan hingga 4,5 GHz. Dengan catatan anda harus menggunakan sistem pendingin atau cooler yang mumpuni.

Pendingin Processor

Komputer yang sering digunakan untuk bermain game, editing foto atau video, rendering video cenderung memiliki panas yang berlebih. Hal ini karena processor pada komputer tersebut sedang bekerja secara maksimal sehingga menimbulkan panas yang berlebihan, maka dari itu dibutuhkan pendingin yang bagus untuk mengatasinya. Dengan memakai pendingin dan thermal paste yang berkualitas tersebut maka processor yang tadinya panas bisa segera dingin dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Panas yang dihasilkan oleh processor tadi bisa merusak komponen lain didalam komputer tidak terkecuali processor itu sendiri. Pemilihan cooler yang berkualitas akan mempengaruhi kinerja processor. Jika Anda memiliki dana yang mencukupi untuk sebuah pendingan processor, Anda bisa memilih pendingin dengan sistem Water Cooling, tetapi jika Anda memiliki dana yang pas pasan Anda bisa memilih pendingin dengan sistem Air Cooling. Jika Anda belum paham tentang Aircooling dan Watercooling, Anda dapat membacanya disini.

Diatas adalah beberapa tips memilih processor untuk komputer gaming. Agar Anda mendapatkan pengalaman didalam bermain game, Anda disarankan untuk memilih processor yang terbaik dan sesuai dengan jenis motherboard yang Anda miliki. Pilihlah processor dengan kinerja yang tinggi agar Anda dapat bermain game dengan nyaman.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang tips dalam memilih processor untuk komputer gaming. Semoga sedikit penjelasan yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.  Jika ada pertanyaan silahkan disampaikan dikolom komentar dibawah ini.



11:16 AM

0 komentar:

Post a Comment