Perbedaan 32 bit dan 64 bit pada Sistem Operasi Windows

Didalam dunia komputer, ada dua versi Bit yang ditanamkan pada Sistem Operasi (OS) yang sudah umum kita ketahui, yaitu 32 Bit (x86) dan 64 Bit (x64). Tentu perbedaan antara sistem 32 bit dan 64 bit ini sudah pasti ada. Jika kita dapat memilih satu diantara keduanya, sebagian besar dari kita akan memilih untuk menginstal versi 64 Bit, alasannya karena kita sudah mengetahui bahwa 64 tentu lebih besar atau lebih tinggi dari 32, pernyataan tersebut memang tidak ada yang salah, tetapi akan lebih baik bagi Anda jika Anda tahu perbedaan antara sistem operasi windows yang memakai sistem 32 bit dan 64 bit.

Tentu banyak dari kita yang akan lebih memilih untuk menginstal sistem operasi windows 64 bit ketimbang versi 32 bit. Namun, dalam kenyataanya banyak dari kita yang tidak benar-benar paham atau mengerti perbedaan antara 32 bit dan 64 bit tersebut.

Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk memberi sedikit pembahasan tentang perbedaan yang paling umum didalam sistem operasi windows 32 bit dan 64 bit, sehingga nantinya Anda akan sedikit memahami perbedaan diantara keduanya.

Ada banyak cara untuk mengetahui versi sistem operasi windows yang sudah terinstal didalam komputer atau laptop kita, salah satu yang bisa Anda gunakan adalah:

1. Masuk ke Control Panel


2. Pilih System and Security



3. Lalu pilih System



Lalu akan muncul gambar seperti dibawah:

perbedaan-32-bit-64-bit

Terlihat jelas seperti yang tampak pada gambar yang sudah saya lingkari bahwa komputer yang saya ujicoba terinstal sistem operasi windows versi 64 bit. Yang perlu Anda ketahui, bahwa untuk dapat menjalankan sistem operasi windows 64 bit, maka CPU Anda harus sudah mendukung versi 64 bit.
Perbedaan Umum antara sistem Operasi Windows 32 Bit dan 64 Bit adalah batas penggunaan RAM yang dapat digunakan diantara keduanya.

Versi 32 bit:

Dalam sistem operasi windows 32 bit penggunaan RAM terbatas. Versi 32 bit hanya mendukung memori maksimal yang dapat digunakan hanya 4096 MB atau 4 GB. Selain itu, perangkat yang Anda gunakan seperti kartu grafis juga akan mengambil ruang yang sama kapasitasnya sesuai yang telah Anda atur didalam Bios untuk kratu grafis (VGA) Anda, itu berarti sistem operasi (OS) windows anda nantinya akan mendapat pengurangan kapasitas RAM.

Versi 64bit:

Jika didalam sistem operasi windows 32 bit hanya dapat menggunakan RAM dengan kapasitas maksimal 4 GB, maka versi 64 bit dapat memakai kapasitas RAM jauh lebih dari itu, versi 64 bit dilansir dapat memakai RAM dengan kapasitas hingga 17,2 Milliar GB. Itu berarti jika Anda memasangkan kartu grafis (VGA) nantinya tidak akan mengurangi kapasitas dari memory yang Anda gunakan dalam sistem operasi komputer Anda.

Windows 10 64 bit edisi Home memiliki batas penggunaaan RAM sebesar 128 GB karena alasan perizinan. Berbeda dengan Windows 10 64 bit edisi Enterprise dan Professional, keduanya dapat menggunakan RAM hingga 512 GB.

Apakah aplikasi 32 bit dapat berjalan dengan baik pada sistem yang berbasis 64 bit?

Meski keduanya memiliki perbedaan yang mendasar didalam penggunaan memori (RAM). Tapi, sebagian besar aplikasi yang berbasis 32 bit dapat berjalan dengan baik pada sistem yang berbasis 64 bit. Tetapi tetap saja, sebuah “perbedaan” tidak akan bisa menjadi sebuah “persamaan”, seperti halnya driver yang berbasis 32 bit dan aplikasi seperti antivirus, ekstensi yang ditanamkan kedalam windows, dan beberapa aplikasi multimedia tidak akan dapat berjalan jika tidak mendukung sistem 64 bit.

Menurut Anda, mana yang lebih baik dari keduanya?

Jika Anda seorang Programmer, Desaigner, Gamer atau Anda sedang ingin menjalankan program/aplikasi/software yang mengharuskannya memiliki komputer dengan spesifikasi RAM berkapasitas tinggi, kartu grafis/VGA yang mempunyai performa yang mumpuni seperti halnya disaat Anda mengedit foto, merender video, atau bahkan disaat Anda ingin memainkan game berat sekalipun, maka sudah pasti Anda membutuhkan  windows dengan sistem 64 bit.

Tetapi, jika Anda hanya ingin menggunakan Komputer atau Laptop Anda hanya untuk sekedar membuat laporan, mengerjakan tugas seperti halnya membuat makalah, ataupun hanya untuk bermain game-game ringan saja, maka windows dengan sistem 32 bit sudah cukup untuk Anda gunakan.

Demikianlah sedikit ulasan tentang perbedaan antara 32 bit dan 64 bit. Semoga sedikit penjelasan yang saya berikan kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua.  Jika ada pertanyaan silahkan disampaikan dikolom komentar dibawah ini.






9:21 PM

0 komentar:

Post a Comment