10 Situs Kerja Online Sebagai Freelancer Terbaik

Apakah bisa kita kerja online dari rumah? Apa sih freelance online itu? Lalu apa saja situs freelance untuk pemula seperti saya?

Jika Anda mempunyai pertanyaan yang sekiranya mirip dengan pertanyaan diatas, maka pada kesempatan kali saya akan sedikit memberi penjelasan seputar Freelance Online / Kerja Online.




Freelance adalah sebuah pekerjaan paruh waktu, yang mana jangka waktunya tidak tetap. Hubungan kerja antara si pemilik usaha dan seorang freelancer ini tidak terikat dengan yang namanya Kontrak. Jika Anda pernah bekerja atau sedang bekerja di sebuah Perusahaan, Kantor atau Instansi lainnya tentu Anda akan terikat kontrak dengan perusahaan atau instansi tersebut, hal ini tentu sangat berbeda berbeda dengan Freelancer. Freelancer dapat juga diartikan sebagai Pekerja Lepas.

Cara kerja freelance online ini adalah para Freelancer dan para pemilik pekerjaan tidak harus saling bertatap muka secara langsung, mereka bisa saling berkomunikasi lewat media chatting seperti: Email, Whatsapp, Skype, dll. Dengan demikian, Anda tidak harus repot repot datang ke perusahaan tersebut hanya untuk membahas sebuah pekerjaan yang akan diberikan kepada Anda, cukup dengan koneksi internet, sebuah laptop / komputer, sebuah smartphone, dan secangkir kopi serta cemilan pendukungnya Anda sudah bisa bekerja dan menghasilkan uang dari internet.

Semudah itukah kerja online? Tentu tidak. Diluar sana banyak sekali freelancer-freelancer yang memiliki keahlian diatas Anda. Maka dari itu, Anda harus mampu bersaing dari berbagai macam freelancer dari seluruh penjuru negara, jika saat ini Anda sudah mempunyai skill tidak ada salahnya untuk lebih memperdalam skill tersebut dan mencobanya sebagai pekerjaan sampingan dirumah.

Dibawah ini ada beberapa situs yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin mencoba bekerja sebagai seorang Freelancer. Adapun situs-situsnya adalah sebagai berikut:  

1. Freelancer

Situs Freelancer.com ini mengklaim bahwa situsnya adalah yang terbesar didunia, hal ini dilihat dari jumlah pengguna dan proyek proyek yang dibuka di situs tersebut. Situs  ini menyediakan berbagai lowongan pekerjaan online yang bisa Anda kerjakan dari rumah .

Jika Anda belum fasih dalam berbahasa inggris, Anda bisa mencoba Freelancer.co.id. Freelancer.co.id umumnya memiliki lowongan kerja yang berasal dari Indonesia, jadi Anda bisa dengan mudah untuk memahami isi dari proyek nya.

2. Upwork

Upwork.com merupakan sebuah situs gabungan dari Elance dan ODesk dan situs freelancing lainnya.Upwork merupakan situs yang berkantor pusat di Mountain View, California, Amerika Serikat. Sama seperti Freelancer.com, upwork juga memiliki banyak sekali lowongan pekerjaan online yang bisa Anda kerjakan, sudah banyak sekali orang-orang Indonesia yang sukses dari sini, Anda bisa menjadi salah satu dari sekian banyak orang Indonesia itu, kalo gak sekarang ya kapan lagi? Hehe

3. Sribulancer

Sribulancer ini berbahasa Indonesia, jadi Anda jangan ragu untuk mencoba menjadi seorang freelancer melalui situs ini. PT. Sribu Digital Kreatif ini berkantor pusat di Gandaria, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sribulancer menyediakan berbagai macam lowongan kerja penulis online, penerjemah, pembuatan website, pembuatan aplikasi mobile, desain grafis, online marketing, teknik SEO, dan social media marketing.

 Metode pembayaran juga sudah mendukung transfer bank, jika Anda tidak mempunyai ATM, Anda bisa menggunakan paypal untuk pembayarannya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung mengaksesnya di Sribulancer.com.

4. Sribu

Sribu.com adalah situs yang yang menghubungkan seorang klien yang sedang membutuhkan desain grafis dan para desainer. Sribu dan Sribulancer ini memiliki kantor pusat yang sama, pendiri dari situs ini adalah Ryan Gondokusumo.

5. Fiverr

Jika Anda memiliki skill yang mumpuni dibidang music, desain, pemasaran digital, atau Anda mempunyai hobi sebagai seorang penulis, maka situs ini cocok untuk Anda coba. Jangan ragu terhadap nama besar Fiverr, Anda bisa mencari info seputar Fiverr di Youtube ataupun artikel-artikel lain di internet.

Fiverr adalah salah satu marketplace yang sangat professional, maka untuk itu jika Anda masuk kedalam situs tersebut jangan heran kalau banyak proyek yang memiliki kualitas tinggi.

6. Guru

Guru.com akan menawarkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda, jadi dapat dipastikan Anda tidak akan melewatkan kesempatan itu. Sama seperti situs-situs freelance diatas, Guru juga mempunyai berbagai macam lowongan pekerjaan yang layak untuk Anda coba, bahkan untuk pemula sekalipun.

7. 99designs

Jika sebelumnya Anda sudah bergabung dengan komunitas desainer tentu Anda sudah tidak asing  dengan situs ini. Banyak desainer lokal yang sudah bergabung dan menjadi member disini. Untuk soal desain grafis dan logo, memang 99designs bisa dianggap sebagai juaranya.

Sudah banyak sekali kontes logo atau desain yang diselenggarakan, dan juga sudah banyak proyek yang dikerjakan. Jadi Anda tidak usah khawatir dengan nama baik situs ini, karena memang situs ini sudah banyak dipercaya oleh para designer.

8. Projects
 
Projects.co.id
ini menyediakan beragam lowongan kerja dengan skill tertentu yang layak untuk Anda coba, contohnya seperti jasa pembuatan website, jasa penulis artikel, teknik SEO, dan lain-lain. Projects.co.id juga sudah memfasilitasi sistem Rekening Bersama (Rekber), jadi Anda tidak perlu ragu jika Anda ingin menyelesaikan pembayaran sesudah Anda bekerja.

9. Creative Market

Creative Market adalah sebuah marketplace yang bisa Anda gunakan untuk menjual berbagai macam hasil desain grafis, tema wordpress, font, dan fotografi. Creative Market sangat cocok bagi Anda yang mempunyai skill dibidang design, fotografi, pengcodingan, dll. Sudah banyak video yang menjelaskan cara kerja di Creative Market ini, Anda bisa menemukannya di Youtube.

10. Envato 

Envato.com adalah perusahaan web yang berkantor pusat di Melbourne, Australia yang didirikan pada tahun 2006. Envato sendiri telah membagi pasar tempat berjualan produk-produk digitalnya kedalam beberapa kelompok, antara lain:
  •  Activeden, untuk menjual elemen flash, action script, Silverlight, dll.
  • Audiojungle, pasar ini untuk mereka yang mampu menciptakan berbagai suara disekitar mereka, seperti halnya suara burung, dll.
  • Themeforest, pasar ini diperuntukkan bagi mereka pembuat desain situs web, template, dll. Disini Anda bisa menjual template buatan Anda dalam bentuk HTML, Wordpress, Joomla, Drupal, dll.
  • Graphicriver, adalah pasar yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki skill dibidang desain grafis, karena disini para designer bisa menjual elemen desain grafis seperti logo, vector, icon dll.
  • 3d ocean, pasar ini dibuat untuk tempat berjualan desain grafis 3D.
  • Photodune, adalah pasar bagi mereka yang memiliki skill dibidang fotografi.
  • Codecanyon, adalah pasar bagi siapapun yang ahli dibidang bahasa pemrograman atau bagi mereka yang bisa membuat aplikasi mobile.
  • Videohive, pasar ini diperuntukkan bagi mereka yang bisa membuat rekaman video yang kemudian bisa di edit, misalnya di edit dengan Adobe After Effects. 
Demikian lah beberapa situs yang sangat saya rekomendasikan untuk Anda yang ingin memulai bekerja secara online atau online freelancer, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jika ada hal yang kurang jelas silahkan Anda sampaikan pada kolom komentar dibawah, karena saran dari Anda sangat bermanfaat untuk saya. Terima kasih



9:44 PM

4 komentar:

  1. When someone writes an paragraph he/she maintains the plan of
    a user in his/her brain that how a user can know it.
    So that's why this piece of writing is perfect.
    Thanks!

    ReplyDelete
  2. I'm more than happy to discover this page. I wanted
    to thank you for ones time for this particularly wonderful read!!
    I definitely liked every little bit of it and I have you book marked to check out new stuff on your
    web site.

    ReplyDelete
  3. I am truly happy to glance at this web site posts which contains lots of helpful information, thanks
    for providing these kinds of information.

    ReplyDelete
  4. It is appropriate time to make some plans for the future and
    it's time to be happy. I have read this post and if I could I want
    to suggest you few interesting things or advice. Maybe you could write next
    articles referring to this article. I want to read even more things about
    it!

    ReplyDelete